TikTok dilaporkan akan menutup program Creator Fund pada tanggal 16 Desember 2023. Creator Fund yang diluncurkan pada tahun 2020 ini adalah tempat bagi para kreator untuk menghasilkan uang.

Dengan Creator Fund TikTok telah menyiapkan dana senilai USD 100 miliar untuk membayar para konten kreator untuk membuat video yang populer dengan ratusan ribu atau hingga jutaan penonton.

Tujuan dari program tersebut adalah memberikan kesempatan bagi kreator mikro yang memiliki 10 ribu pengikut yang telah mengumpulkan setidaknya 100.000 penayangan dalam 30 hari terakhir untuk menghasilkan uang dari TikTok.

Tidak jelas apakah TikTok membayar seluruh jumlah tersebut kepada para kreator yang memenuhi syarat. Pasalnya banyak kreator mengkritik TikTok terkait dana tersebut.

Mereka mengatakan bahwa ternyata program tersebut tidak terlalu menguntungkan bagi mereka. Beberapa mengatakan bahwa mereka hanya mendapatkan penghasilan yang cukup kecil bahkan setara dengan ratusan ribu meski memiliki video dengan jutaan penayangan.

Sebagai ganti Creator Fund, pada awal tahun ini TikTok mengumumkan Creativity Program sebuah cara baru bagi para kreator untuk menghasilkan uang di platformnya.

Melansir dari The Verge, TikTok telah mengkonfirmasinya dengan mengumumkan bahwa mereka akan menutup Creator Fund dan memindahkan semua kreator yang memenuhi syarat ke Creativity Program.

Menurut juru bicara TikTok, Maria Jung, Creator Fund akan ditutup di beberapa negara pada tanggal 16 Desember. Perusahaan tidak mengkonfirmasi berapa banyak dari dana USD 1 miliar yang telah dibayarkan sejak diluncurkan beberapa tahun yang lalu.

Jung menambahkan bahwa para kreator di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Prancis tidak akan lagi dapat memonetisasi konten mereka melalui dana awal, sementara di Italia dan Spanyol tidak akan terpengaruh oleh perubahan ini.

Menariknya, Creativity Program yang tersisa mendorong para kreator untuk membuat video yang lebih panjang di platform ini.

TikTok mencatat bahwa, untuk mendapatkan uang sebagai bagian dari Creativity Program, kreator harus membuat dan mempublikasikan konten orisinal berkualitas tinggi yang berdurasi lebih dari satu menit. Ini adalah persyaratan yang menarik untuk platform yang menjadi populer karena video berdurasi pendek.

Kreator yang sudah terdaftar di TikTok Creator Fund dapat beralih ke Creativity Program, dan mereka yang tidak terdaftar dapat mendaftar ke program baru setelah tersedia.

Kreator yang saat ini terdaftar di Dana Kreator TikTok dapat memilih untuk beralih ke Program Kreativitas Beta. Untuk mulai mendapatkan penghasilan, kreator harus membuat dan mempublikasikan konten orisinal berkualitas tinggi yang berdurasi lebih dari satu menit.

Kreator akan memiliki akses ke dasbor yang telah diperbarui untuk melihat kelayakan video, estimasi pendapatan, dan metrik serta analitik kinerja video. Dengan mempertimbangkan keamanan komunitas TikTok, semua video untuk Creativity Program harus mematuhi Panduan Komunitas TikTok.

Pengumuman TikTok ini muncul seiring dengan platform pesaing seperti Reels milik Instagram dan produk Shorts milik YouTube yang juga terus mendapatkan popularitas.