Penggunaan logo toko adalah salah satu strategi branding yang dapat diaplikasikan di toko Anda. Logo toko merupakan bagian dari prinsip branding, yaitu key visual.

Anda dapat menggunakan logo dan dekorasi toko untuk meningkatkan kunjungan dan menarik minat Pembeli untuk berbelanja di toko Anda. Tidak hanya itu, logo toko juga dapat menjadi identitas yang membedakan toko Anda dengan toko lain.

Di modul ini, Anda akan belajar mengenai pentingnya logo toko dan beberapa tips untuk membuat logo toko yang menarik sebagai ba、gian dari strategi branding.

Pentingnya Logo Toko

Logo merupakan representasi visual yang membedakan brand, toko, atau produk Anda dengan yang lain. Tak hanya untuk perusahaan besar saja, logo toko juga diperlukan untuk toko Anda. Penggunaan logo dapat menjadi salah satu strategi branding untuk menarik perhatian calon Pembeli. Berikut adalah alasan pentingnya logo toko untuk toko online Anda.

Logo dapat menjadi identik dengan suatu brand, toko, atau produk. Untuk itu, logo toko yang kuat dapat membantu toko Anda lebih mudah diingat oleh Pembeli.

Desain toko dan desain visual menjadi salah satu cara yang paling efisien untuk membangun identitas brand. Dengan logo, Anda dapat memberi gambaran kepada calon Pembeli mengenai siapa Anda, produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan manfaat yang bisa Pembeli dapatkan dari toko Anda.

Setiap toko memiliki ciri khasnya masing-masing, begitu pun toko Anda. Desain logo yang profesional dan unik akan membedakan toko Anda dengan toko yang lain.

Logo toko yang baik dapat membantu Anda untuk menyampaikan latar belakang hingga visi dan misi dari toko Anda.

Salah satu alasan penting memiliki logo toko adalah karena logo dapat digunakan di mana saja. Selain ditampilkan sebagai foto profil toko Anda, logo toko dapat ditampilkan pada foto produk, kemasan produk (packaging), dan media sosial toko Anda.

Itulah beberapa alasan pentingnya memiliki logo untuk toko Anda. Logo toko akan membantu memberikan gambaran toko kepada calon Pembeli. Semakin unik, menarik, dan profesional logo toko, maka akan menimbulkan kepercayaan calon Pembeli pada toko Anda.

Tips Membuat Logo Toko yang Menarik

Logo toko yang baik adalah logo yang dapat menggambarkan identitas dari toko atau jasa yang Anda tawarkan. Buatlah logo toko yang sederhana dan mudah diingat. Anda dapat mencari inspirasi untuk membuat logo dari berbagai sumber.

Berikut ini adalah cara membuat logo yang tepat dan menarik yang bisa Anda coba.

1. Membangun Cerita dalam Sebuah Logo

Untuk menentukan konsep dari sebuah logo, Anda dapat memulainya dengan membangun cerita yang menjadi latar belakang mengapa Anda membangun bisnis tersebut. Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat dijadikan konsep dasar untuk menentukan bentuk, komponen warna, serta jenis huruf logo Anda.

2. Memahami Identitas atau Karakter dari Toko Anda

Tentunya Anda ingin agar logo toko Anda dapat menggambarkan atau merepresentasikan identitas dari bisnis yang Anda jalankan. Untuk dapat memahami identitas atau karakter toko, Anda dapat mencari tahu jawaban dari beberapa pertanyaan berikut:

Setelah menemukan jawaban dari pertanyaan di atas, selanjutnya Anda perlu melakukan riset sederhana dengan mengamati berbagai logo dari toko lain. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menemukan referensi logo toko yang menarik. Namun, perlu diingat bahwa logo toko yang Anda buat harus disesuaikan dengan identitas toko dan memiliki desain yang berbeda dari toko lain.

3. Tentukan Huruf dan Warna yang Tepat

Dalam sebuah logo terdapat berbagai unsur, seperti kombinasi huruf dan kombinasi warna. Anda dapat mencoba berbagai kombinasi huruf dan warna yang Anda inginkan. Pastikan kombinasi tersebut tetap sesuai dengan tema desain yang menggambarkan latar belakang, identitas, atau karakter toko Anda. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Setelah menentukan tema desain, selanjutnya Anda perlu menentukan jenis huruf (font) yang khas dan sesuai dengan karakter toko Anda. Ada begitu banyak jenis huruf dengan ciri khas yang berbeda-beda.

Selain menentukan jenis huruf yang tepat, kombinasi warna juga perlu dipertimbangkan. Penggunaan warna pada logo dapat menimbulkan perasaan dan respon yang berbeda, sehingga memengaruhi persepsi seseorang terhadap toko Anda. Maka dari itu, pastikan warna yang Anda pilih tepat dan dapat menggambarkan identitas toko Anda.

4. Mengevaluasi Pilihan Logo yang Sudah Dibuat

Setelah membuat beberapa pilihan logo, Anda perlu melakukan evaluasi terhadap logo yang telah dibuat. Selain untuk menentukan logo mana yang menarik, mengevaluasi pilihan logo juga membantu Anda untuk mendapatkan persepsi atau tanggapan dari orang lain mengenai logo toko Anda.

Evaluasi logo dapat dilakukan dengan meminta pendapat dari orang lain. Ada beberapa hal yang perlu Anda tanyakan saat melakukan evaluasi logo toko, seperti: