Penempatan Rak

Penempatan rak akan mempengaruhi jumlah produk yang dapat Anda simpan di area penyimpanan. Semakin optimal penempatan rak, maka semakin banyak jumlah produk yang dapat Anda simpan.

Optimalkan kapasitas area penyimpanan Anda dengan menempatkan rak sebanyak mungkin. Anda tidak disarankan untuk menempatkan rak hanya di sisi pinggir ruangan saja. Meskipun terkesan lebih rapi dan lega, kapasitas ruangan tidak akan terpakai secara optimal.

Menyisakan terlalu banyak area kosong akan berdampak buruk saat terjadinya lonjakan pesanan. Anda cenderung akan memanfaatkan area kosong tersebut yang kemudian akan berdampak pada kepadatan dan penumpukan produk di area penyimpanan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Setelah penempatan rak dirasa telah optimal, Anda dapat memberikan kode pada rak-rak tersebut untuk mempermudah pengemasan produk di kemudian hari. Anda dapat membuat kode sesuai dengan lokasi dan susunan rak seperti yang dapat Anda lihat pada contoh di bawah ini:

Untuk mempermudah mobilitas saat membawa produk ke area pengemasan, usahakan untuk selalu menempatkan beberapa rak di dekat area pengemasan. Anda dapat menempatkan produk-produk terlaris pada rak tersebut untuk mempersingkat proses pengambilan produk. Dengan menempatkan rak dekat area pengemasan, Anda tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk berjalan dari tempat penyimpanan produk ke meja pengemasan.

Jarak dan Ketinggian Rak

Selain penempatan rak, Anda juga perlu memperhatikan jarak dan ketinggian rak yang Anda gunakan agar proses pengambilan produk dapat berjalan dengan mudah dan lancar.

Penempatan rak yang optimal namun tidak memperhatikan jarak dan ketinggian rak akan menghambat proses pengambilan produk. Jarak rak yang terlalu sempit akan menghambat mobilitas dan rak yang terlalu tinggi akan mempersulit pengambilan produk.

Jarak antar rak yang disarankan adalah selebar bahu orang dewasa agar proses pengambilan produk lebih cepat karena jarak antar rak dapat dilewati dengan mudah, bahkan dapat dilewati oleh dua orang di saat yang bersamaan.

Selain jarak antar rak, ketinggian rak yang Anda gunakan juga akan mempengaruhi proses pengambilan produk. Rak yang semakin tinggi dapat menyimpan produk yang semakin banyak, namun Anda akan kesulitan dalam mengambil produk, terutama produk-produk yang berada di level atas. Produk akan lebih mudah untuk diambil jika berada di level tengah atau sejajar dengan dada Anda. Anda dapat mempelajari cara menentukan letak produk di sini.