GPT merupakan teknologi kecerdasan buatan AI (Artificial intelligence) yang banyak dibicarakan belakangan ini, bagaimana tidak kecerdasan buatan ini dapat belajar sendiri, dan sudah dimanfaatkan berbagai macam orang di seluruh dunia. 

Chat GPT ini bukanlah chatbot biasa, karena setiap jawaban dari robot buatan ini dapat belajar langsung dari internet, jadi semakin lama robot chatbot ini menjawab pertanyaan, maka kecerdasan buatan ini semakin pintar. Chat GPT mengunakan teknologi self learning yang dapat berinteraksi dengan pengguna melalui percakapan teks, dan Chat GPT ini juga dapat membantu banyak penggunanya.

Chat GPT merupakan produk yang dibuat dari perusahaan Elon Musk dan sejumlah ilmuan yang terkenal di negara Paman Sam. Produk Chat GPT ini dapat membantu orang untuk membuat tugas berbentuk teks dalam waktu yang cepat, misalnya jika anda membutuhkan ide untuk menulis sebuah artikel maka Anda dapat langsung, membuat soal matematika, membuat makalah dan menulis coding juga dapat terbantu dengan layanan Chat GPT.


Mengapa Harus Pakai Chat GPT dan Kegunaan dalam Toko Online

Apa Fungsi Chat GPT?

Chat GPT ( Generative Pre-training Transformer) merupakan sistem kecerdasan buatan AI yang berfungsi untuk melakukan interaksi dalam percakapan berbasis teks. Chat Berfungsi untuk menjawab pertanyaan yang diinput kemudian AI akan memberikan jawaban yang relevan. Kemampuan robot Chat GPT juga dikenal sebagai open AI yang dapat melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu singkat.

Kegunaan Chat GPT Secara Umum

Seperti yang disampaikan Chat GPT memiliki banyak kegunaannya, lalu apa kegunaan utama dari chat GPT

1.Sumber Inspirasi

Karena kerja GPT sekarang lebih dikembangkan dalam bentuk teks percakapan jadi hal ini dapat mempermudah banyak orang untuk mencari data mengumpulkan data, atau melakukan penelitian. Anda dapat bertanya dengan sistem Chat GPT dan mungkin anda bisa mendapatkan ilman dari Chat GPT, contoh anda ingin menulis mengenai Chat GPT mungkin anda dapat bertanya dlu bagaimana cara menulisnya.

2.Meningkatkan Kinerja

Chat GPT dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan anda dalam menjalankan tugas, teknologi dari Chat GPT yang dapat membantu pengguna untuk mengelola jadwal sehari-hari, Dengan Bantuan Chat GPT pekerjaan yang sulit bagi pengguna dapat di handel oleh AI pintar.

3. Membantu Pendidikan

Chat GPT dapat membantu para guru untuk mencari materi baru sehingga dapat lebih cepat membantu guru untuk membuat soal, menyusun materi pengajaran, sehingga dapat membantu guru dapat memberikan pelayanan optimal

4. Memberikan Rekomendasi

Selain hal hal yang dapat membantu dalam pekerjaan, Chat GPT juga dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi mengenai banyak hal, misalnya hari ini mau makan dimana, tempat pariwisata, atau hal-hal yang mungkin membuat anda sulit untuk membuat keputusan, Anda dapat menanyakannya kepada Chat GPT. Teknologi AI akan memberikan rekomendasi berdasarkan kebutuhan dan faktor lain dari penguna.

5. Membantu Customer Service

Sekarang banyak bisnis yang mulai memanfaatkan Chat GPT sebagai salah satu sarana untuk melayani pengguna, Anda dapat mengintegrasikan aplikasi customer service dengan OpenAI, sehingga robot AI dapat lebih cerdas dalam membalas pertanyaan. 
Seperti Aplikasi kami Duoke yang juga sudah memanfaatkan Chat GPT sebagai AI Chat Bot yang dapat meringankan pekerjaan Customer Service.

Kelebihan mengunakan Chat GPT

1. Memiliki Tata Bahasa yang Baik

Meskipun Chat GPT merupakan robot cerdas akan tetapi Chat GPT memiliki kelebihan dalam mengunakan tata bahasa yang lebih natural, bahasa yang mereka gunakan mudah dipahami, sehingga pengguna dan robot dapat berinteraksi dengan mudah seperti berinteraksi dengan manusia.

2. Merespon Dengan Cepat

OpenAI dapat memberikan semua jawaban yang dibutuhkan pengguna
Keuntungan utama menggunakan Chat GPT adalah memberikan beragam informasi dengan cepat dan akurat. Bahkan teknologi openAI ini juga mampu memberikan jawaban yang tepat dan akurat dalam waktu yang singkat, tentunya hal ini dapat meningkatkan pengalaman mengunakan layanan tersebut.

3.Menyaring Permintaan yang melanggar hukum

Kemampuan Chat GPT yang dapat belajar dan menentukan sendiri manakah yang boleh untuk dijawab dan pertanyaan seperti apa yang tidak boleh dijawab, sehingga orang tua dapat  luar biasa lainnya dari produk openai ini adalah mampu menyeleksi permintaan kurang pantas. Misalnya bagaimana cara merundung orang. Sistem AI akan mendeteksi sebagai hal yang tidak patut dan menolak untuk memberikan jawaban. Sebaliknya, sistem akan menjelaskan betapa buruknya tindakan tersebut.

Kekurangan mengunakan Chat GPT

1. Kurang Realistis

Memang tidak ada yang sempurna terkadang jawaban yang Chat GPT berikan kurang sesuai dengan yang kita tanyakan. Sebab jawaban yang diberikan sangat umum, kurang rinci sehingga tidak dapat membantu kebutuhan penggunanya.

2. Terdapat Jawaban yang Salah

Seperti yang dibahas sebelumnya Robot AI ini belajar dari informasi yang manusia berikan sendiri, hal ini berakibat terkadang informasi yang diberikan ini kurang tepat, oleh karena itu setiap jawaban dari AI ini perlu di konfirmasi kebenarannya.

3. Butuh Pembaruan Informasi Data Secara Berkala

Teknologi AI ini dapat bekerja karena memiliki informasi data yang begitu besar, yang artinya semakin banyak informasi yang didapatkan maka informasi yang diberikan akan semakin akurat, sayangnya database dari openAI hanya terbatas sampai tahun 2021.

Berikut adalah langkah-langkah umum dalam cara kerja Chat GPT:

1. Efisiensi pengumpulan data: Pertimbangkan menggunakan metode pengumpulan data yang lebih efisien seperti pengambilan dari sumber tertentu yang memiliki data yang relevan. Hal ini dapat menghemat waktu dan sumber daya.
2. Pemilihan sumber data yang baik: Pastikan data yang dikumpulkan berasal dari sumber yang terpercaya dan relevan. Hal ini akan memastikan keakuratan dan kualitas respons AI.
3. Pelatihan model yang efektif: Lakukan penelitian dan eksperimen untuk menentukan parameter pelatihan yang optimal. Pelatihan yang lebih baik dapat meningkatkan kemampuan model dalam memprediksi kata-kata berikutnya dan memahami konteks secara lebih baik.
4. Peningkatan interaksi dengan pengguna: Pertimbangkan untuk mengembangkan antarmuka atau alat yang lebih interaktif untuk pengguna. Ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mempermudah penggunaan AI.
5. Evaluasi respons secara teratur: Lakukan evaluasi rutin terhadap respons yang dihasilkan oleh model. Identifikasi kekurangan dan kesalahan dalam respons, lalu perbaiki dan tingkatkan model berdasarkan umpan balik tersebut.
6. Pembaruan model secara berkala: Tetap memantau perkembangan dalam bidang teknologi AI dan pelatihan model. Dengan memperbarui model secara teratur, Anda dapat meningkatkan kinerja dan respons AI seiring berjalannya waktu.
7. Pemantauan dan peningkatan kualitas respons: Gunakan teknik penilaian kualitas teks dan filter kebijakan untuk memastikan bahwa respons yang dihasilkan oleh model sesuai dengan standar yang diinginkan. Jika ditemukan kesalahan atau respons yang tidak diinginkan, lakukan perbaikan dan penyesuaian yang diperlukan.

Kegunaan Chat GPT dalam Toko Online

Setelah kita bahas memang banyak manfaat GPT dalam kehidupan kita sehari-hari, namun dalam toko Online apakah Chat GPT memiliki manfaatnya, jawabannya tentu saja ada, berikut beberapa manfaat yang dapat diberikan Chat GPT untuk membantu anda dalam berjualan.

1.Menentukan Produk yang Sedang Populer

Saat mencari produk yang sedang banyak dibeli orang, mungkin kita akan kebinggungan untuk berjualan produk apa, karena memang mungkin sedang populer ataupun yang memang produk tersebut penjualannya sangat bagus. Oleh karena itu kita dapat meminta saran Chat GPT untuk meminta saran produk apa yang sedang populer, sehingga kita dapat menentukan produk yang tepat untuk dijual.

2.Menentukan Kata Kunci promosi

Agar produk Anda dapat laris manis tentunya Anda perlu menentukan kata kunci untuk setiap produ penjualan, akan tetapi anda tidak tahu mengunakan kata kunci apa yang dapat kita tulis, anda dapat meminta Chat GPT untuk membuatkan kata kunci untuk judul produk, deskripsi, kata kunci untuk iklan dan lain-lain. Kata kunci yang baik tentunya dapat meningkatkan penjualan setiap produk yang kita jual.

 Chat GPT Membantu membuat kata kunci produk

Untungnya BigSeller sudah dapat terintegrasi dengan Chat GPT sehingga dapat membantu pekerjaan anda langsung dengan cepat, sekarang BigSeller sudah bekerja sama dengan Chat GPT memanfaatkan teknologi OpenAI untuk membuat judul produk dan deskripsi produk. Sehingga dapat membuat penjualan anda meningkat.

3.Membalas Chat Pembeli

Sekarang banyak perusahaan yang berkerja sama dengan Chat GPT, karena Chat GPT merupakan Kecerdasan buatan yang dapat belajar terus OpenAI yang cerdas yang memiliki infomasi data yang luas, hal ini dimanfaatkan banyak perusahaan ERP berbasis Marketplace untuk ditambahkan ke dalam sistem untuk membalas Chat Pembeli sehingga anda tidak perlu susah-susah lagi membalas chat pembeli.

Seperti Aplikasi Chat Duoke Buatan BigSeller ini, dengan memanfaatkan Chat GPT di dalam sistem ChatBot yang dapat secara otomatis membalas chat dari pembeli, sehingga mengurangi beban pekerjaan CS pemilik toko, Pekerjaan yang biasanya perlu 3 sampai 4 CS sekarang dapat diselesaikan dengan 1 CS + CS ChatBot. ChatBot juga dapat membalas Chat dengan sangat tepat, seperti orang yang membalas Chat.

Duoke Aplikasi Chat dari BigSeller

Biar kerjaan Follow Up konsumen menjadi lebih mudah jangan lupa pakai Duoke Aplikasi chat BigSeller yang dapat mempermudah semua pekerjaan Anda. Duoke memiliki fitur yang dapat mengotomatiskan semua pekerjaan Follow Up pembeli, sehingga walaupun pembeli banyak anda dapat Follow Up pembeli dengan lebih baik lagi. 

Duoke Chatbot

Duoke membagi follow up pembeli menjadi beberapa status , yang pertama follow up pembelian, follow up pembayaran, follow up konfirmasi pesanan, follow up keterlambatan pengiriman, follow up pemberitahuan paket telah dikirim, follow up pemberitahuan paket gagal dikirim dan pengingat penilaian. Sehingga meningkatkan semua proses pekerjaan Anda.