Baru-baru ini, muncul tren ekonomi sosial di mana banyak karyawan dan ibu rumah tangga beralih ke bisnis mandiri online dan offline. Tentu saja, hal ini adalah kabar bagi ekonomi daerah dan negara. Bisnis baru yang terus berkembang bisa menjadi peluang emas untuk pertumbuhan para pengusaha. Namun, jika ingin menonjol dalam persaingan yang semakin ketat, perusahaan juga perlu melakukan upaya dalam banyak aspek.

Salah satunya adalah merumuskan strategi bisnis yang tepat. Padahal, mengimplementasikan strategi operasional yang benar dapat membantu  Anda meningkatkan penjualan dan omset. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan Anda.

Bagaimana Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan

1. Perkuat Brand Produk

Brand yang kuat memiliki dampak positif pada penjualan produk dan mampu mempertahankan harga walaupun cukup tinggi. Hal ini telah terbukti melalui hasil survei Nielsen, dimana 60% konsumen lebih tertarik dengan produk dari brand yang terkenal.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat brand, salah satunya adalah dengan menciptakan konten yang menarik, relevan, dan sesuai dengan tren saat ini.

2. Tampilkan Foto dan deskripsi yang menarik

Foto pruduk Anda adalah hal yang penting dalam jualan onlain. Pastikan foto dan deskripsi produk Anda cukup menarik dan menjelaskan dengan jelas manfaat dan keunggulan produk. Pengguna dapat melihat produk dari berbagai sudut.

3. Tawarkan diskon dan promo

Diskon dan promo dapat mendorong pembeli potensial untuk segera membeli produk Anda. Anda dapat memberikan diskon untuk pembelian pertama, diskon musiman, hadiah gratis, atau bundling produk. Apapila jika promosi menarik dengan batas waktu tertentu, misalnya diskon yang hanya berlaku dalam dua hari, pasti akan menarik banyak pembeli untuk membeli produk Anda, karena menimbulkan urgensi akan mendesak konsumen untuk segera membelinya.

4. Gunakan media sosial

Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Buat kampanye iklan yang ditargetkan secara tepat dan postingan yang menarik untuk menarik perhatian dan minat pembeli potensial. Misalnya, Anda dapat beriklan di Facebook, Google Ads, atau mengoptimalkan situs web melalui SEO (search engine optimization) dan SEM (search engine marketing).

Pengguna dapat memperoleh informasi melalui media sosial dan juga berbagi informasi. Orang dapat mengetahui sikap pengguna lain secara langsung melalui media sosial dan berinteraksi dengan mereka. Hal ini bisa meningkatkan ketergantungan pengguna dan kepercayaan terhadap merek.

5. Tingkatkan Kualitas dan Inovasi Produk

Menjaga kualitas produk tentunya harus selalu dilakukan, karena kualitas menjadi sebuah elemen yang utama bagi pebisnis yang memang menginginkan agar bisnisnya dapat bertahan di antara sengitnya persaingan dan perkembangan zaman. Meskipun demikian, tak dapat dipungkiri bahwa menjaga kualitas produk bukan perkara yang mudah.

Kualitas produk sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan suatu produk dalam melaksanakan fungsinya dengan mempertimbangakan banyak aspek sperti kendala, daya tahan produk, nilai kemudahan yang dimiliki, kebutuhan perbaikan, dan nilai-nilai produk lainnya. Menjaga kualitas produk juga dapat berfungsi meningkatkan penjualan.

6. Tingkatkan pengalaman pelanggan

Pastikan proses pembelian dan pengiriman produk berjalan dengan lancar. Berikan dukungan pelanggan yang ramah dan responsif serta pertimbangkan untuk menawarkan kebijakan pengembalian dan garansi yang jelas.

7. Kolaborasi dengan influencer

Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan influencer atau blogger yang memiliki basis pengikut yang sesuai dengan target pasar Anda. Mereka dapat membantu mempromosikan produk Anda kepada audiens mereka.

Influencer bermanfaat untuk memperluas jangkauan dan posisi produk Anda di pasar. Pengguna media sosial dapat mempelajari lebih lanjut tentang merek, dan produk Anda, atau juga layanan yang Anda tawarkan.

8. Pantau dan analisis

Pantau performa penjualan online Anda melalui analisis data, seperti jumlah kunjungan, persentase konversi, dan rata-rata keranjang belanja. Hasil analisis dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki atau strategi yang perlu ditingkatkan

9. Berikan Testimoni Positif

Testimoni adalah salah satu bentuk pendapat yang diberikan oleh konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Ada banyak manfaat testimoni pelanggan diantaranya dapat meningkatkan omset penjualan online. Produk testimoni akan mudah menyerap lebih banyak kepercayaan pelanggan.

Testimoni bisa menjadi modal tak terhingga bagi penjual untuk meningkatkan omset penjualan. Melalui testimoni pula pelanggan akan mudah memutuskan untuk segera membeli.


Selain itu, pelanggan jadi lebih mudah mengenal produk. Sehingga Anda akan tidak perlu repot untuk mensosialisasikan terkait kepentingan produk kepada pelanggan baru Anda.