Siapa sangka, aplikasi yang mulanya terkenal dengan konten-konten hiburan dan dipenuhi video orang berjoget, kini dapat menjadi cuan bagi para usaha atau bisnis online.

Saat ini TikTok memang menjadi salah satu media sosial yang semakin banyak penggunanya di Indonesia. Tidak hanya berbagi video pendek, aplikasi ini juga banyak digunakan pengguna untuk berbisnis dengan kehadiran fitur TikTok Shop.

Bagi perintis usaha online, berjualan di TikTok Shop sekaligus membuat konten tentang produk dapat menjadi cara yang sangat menguntungkan untuk mempromosikan produk lebih luas.

Tidak hanya itu, konten yang dimuat pada akun TikTok pun dapat membangun branding yang kuat untuk usaha pengguna.


Mengenal TikTok Shop

Bagi yang tidak familiar, TikTok Shop merupakan fitur pada aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna untuk menjual produk.

Pada etalase yang disediakan TikTok Shop, pengguna dapat memajang produk sekaligus membuat video konten tentang produk tersebut.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur live untuk membantu penjual menarik lebih banyak pembeli dengan interaksi yang dilakukan sembari promosi produk.

Sebelum mulai berbisnis di TikTok, pengguna perlu mengaktifkan akun TikTok Shop. Jika tertarik untuk mulai memperluas promosi produk usaha di TikTok, pengguna dapatmengikuti langkah-langkah berikut ini.


Membuat Akun

Untuk dapat mengakses TikTok Shop, kamu perlu mendaftar sebagai seller dan membuat akun di TikTok Shop Seller Center. Akun lama maupun baru dapat digunakan untuk membuatnya.


Lengkapi Informasi Toko dan Dokumen

Setelah membuat akun, kamu perlu melengkapi informasi toko TikTok. Beberapa hal yang diisi yakni email, alamat, dan nomor telepon.

Selanjutnya, pengguna perlu mengunggah beberapa dokumen seperti foto KTP untuk kemudian diverifikasi.


Menambahkan Produk ke Tiktok Shop

Jika verifikasi berhasil, pengguna dapat langsung menambahkan produk pada katalog dengan memilih opsi Add First Product dan klik Add Product.

Penting pula untuk melengkapi keterangan produk seperti nama lengkap, kategori, deskripsi dan foto produk.


Hubungkan Rekening

Terakhir, untuk mendukung proses distribusi pendapatan dari hasil jualan pengguna, rekening bank pengguna perlu dimasukkan dengan mengakses Link Bank Account dan mengikuti proses selanjutnya yang diminta.