Membuat konten-konten video yang menarik dan disukai audiens di TikTok seputar produk yang pengguna jual dapat menarik lebih banyak pembeli.

Terdapat beberapa jenis video yang dapat dibuat oleh pemilik usaha, seperti review, peluncuran produk, tutorial penggunaan produk,hingga proses pengemasan produk.

Tidak hanya sebagai penjual, cara ini sekaligus dapat menjadi langkah awal bagi pengguna untuk menjadi seorang content creator di TikTok.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan konten produk di TikTok agar dapat mendatangkan lebih banyak peminat.


1.Optimalkan Konten Produk

Untuk menarik minat pembeli, pengguna harus mengoptimalkan konten video atau pun foto yang menampilkan produk-produk di akun TikTok. Pastikan gambar atau video memiliki kualitas yang bagus dan menarik.

Penting untuk diingat bahwa produk tersebut akan merepresentasikan online shop pengguna, sehingga produk yang ditampilkan sebaiknya memiliki ciri khas yang akan mudah dikenali.


2.Mengikuti Tren Terkini

Produk tidak hanya dapat dipromosikan melalui video review. Saat ini, banyak penonton di TikTok yang menggemari video-video proses pengemasan produk yang diiringi dengan lagu-lagu populer atau dengan metode ASMR.

Untuk membuktikannya, tagar #PackingASMR di TikTok telah ditonton sebanyak lebih dari 930 juta kali, sementara tagar #PackingOrders memiliki 8,7 miliar total penayangan.

Dengan mencari ide konten yang kreatif atau mengikuti perkembangan tren yang ada, pemilik usaha dapat mengembangkan tokonya agar lebih dikenal luas.



3.Memahami Cara Kerja TikTok


Agar konten produk pengguna dapat dilihat banyak orang, pengguna harus memahami beberapa cara untuk mendorong konten tampil pada halaman For You Page (FYP).

Beberapa cara yang dapat dilakukan pada konten yang akan diunggah antara lain menggunakan tagar yang sesuai isi konten, menggunakan lagu yang sedang trending, konsisten membuat postingan, menautkan produk pada video, dan masih banyak lagi.


4.Bekerja sama dengan Influencer TikTok

Tidak bisa dipungkiri, influencer yang telah memiliki jumlah pengikut yang cukup besar mampu memperluas pasar produk.

Dengan cara ini, pengguna dapat membuka peluang untuk menarik lebih banyak pembeli karena umumnya mereka memiliki kemampuan untuk mengajak pengikutnya membeli suatu produk yang direkomendasikan.


5.Gunakan TikTok Ads

Jika pengguna memiliki dana yang lebih untuk beriklan, pengguna dapat memanfaatkan fitur TikTok Ads agar produk dapat dipromosikan lebih luas lagi.