Tahukah kamu nomor Invoice dalam pembuatan faktur sangatlah penting, karena di dalam dunia usaha setiap transaksi pasti akan mengunakan invoice. Setiap perusahaan akan mengunakan invoice sebagai bukti pembukuan transaksi saat akhir bulan.

Invoice bisa dijadikan tanda jadi atau tanda terima, dan sebagai penantah transaksi yang dilakukan telah sah. Di dalam pembukuan keuangan nomor invoice berfungsi sebagai kode unik yang dicantumkan secara sistematis.

Fungsi Nomor Invoice

Mungkin tidak pernah anda sadari unsur terpenting dalam pembuatan Invoice adalah nomor Invoice, karena nomor ini lah yang berperan penting untuk memastikan seluruh data transaksi tersimpan dengan benar, nantinya data ini akan digunakan dalam perhitungan akutansi.

Tujun nomor invoice tidak lain untuk memastikan seluruh transaksi tercatat, dan kemudian data penjualan ini akan digunakan untuk menghitung pajak.

Nomor Invoice ini ditulis berurutan dari 1 sampai seterusnya, jadi dalam perhitungan tidak akan ada yang terlewat. Jika tidak ada nomor invoice maka transaksi tersebut tidaklah resmi.

Saat menulis Nomor Invoice ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Angka Jelas

  2. Tanggal Pembuatan

  3. Tenggang Waktu Pembayaran

  4. Metode Pembayaran

  5. Pengingat agar pelanggan melakukan pembayaran

  6. Sangsi yang diberikan jika melanggar kesepakatan


Cara Menulis Nomor Invoice Yang Benar
Nomor Invoice sangatlah penting setiap angka atau huruf di nomor invoice memiliki arti yang berbeda, dalam penulisan berurutan dan tidak boleh berulang.

Penulisan Nomor invoice biasanya disertai dengan tahun dan bulan faktur diterbitkan, misalnya ditambahkan dengan angka 2020 atau 20 sesuai dengan kesepakatan perusahaan, kemudiakan tambahkan garis miring sebagai pemisah antara kode satu dan yang lain.

Anda juga bisa menambahkan huruf pada invoice dengan begitu dapat membantu anda mengetahui jenis invoice tersebut atau faktur apa tersebut, tetapi huruf tersebut tidak boleh diganti. Hanya angka saja yang boleh terus bertambah.

Berikut merupakan beberapa contoh penulisan nomor invoice:

  1. 2022/BS/0001

  2. 2022/0004

  3. 22/0003

  4. 2022-0002


Kesimpulan
Jadi setiap invoice harus memiliki nomor invoice, nomor Invoice ini memiliki banyak manfaat, dan mempermudah mendata seluruh transaksi. Sehingga saat melakukana perhitungan akutansi bulanan juga menjadi lebih mudah. Sebab di dalam invoice memiliki rincian transaksi perusahaan anda.

Sekarang anda tidak perlu repot-repot lagi mencata invoice secara manual, anda dapat membuat invoice mudah dan cepat dengan mengunakan BigSeller. Sistem dapat membuat kustom Invoice anda hanya perlu menentukan format Nomor Invoice, lalu nomor invoice akan terbuat secara otomatis.